Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Wilayah Merah Serangan Uret Pulau Jawa

by Kelud Pedia , at 03.55.00 , has 0 Comments
Selain ujicoba di perkebunan sawit, serangan terbesar uret dari jenis lain juga menyerang di pulau Jawa. Beberapa kawasan bahkan terkenal dengan endemik uret (nama lain ; gayas, embug). Untuk uret jenis ini, kumbangnya dikenal dengan ampal.

Wilayah endemik identik dengan tanah pasiran dengan jenis tanaman tebu, singkong dan tanaman palawija. Mengamati data konsumen dan banyaknya telepon masuk untuk konsultasi ke tim agrokompleks MMC terkait serangan uret ini, memang sudah tidak diragukan lagi bahwa wilayah tapal kuda adalah wilayah merah bagi serangan uret.

Serangan terbesar uret di wilayah ini ialah pada pertanaman tebu, singkong dan tanaman palawija yang konon dengan cara kimia sudah tidak mempan. Hal ini dibenarkan oleh peneliti Hama Uret yang juga dosen dari pertanian UGM, bahwa aroma bahan kimia hanya mengusir uret untuk masuk terus ke dalam tanah sampai kedalaman 3 meter. Sehingga setelah berhari-hari pada saat zat kimia dari pestisida kimia ini sudah memudar (jawa; ngabar), uret akan naik dan mengganas menyerang perakaran karena lapar.
Percobaan Laboratorium Kedalaman Infeksi Larva
Percobaan Laboratorium Kedalaman Infeksi Larva

Sangat sulit mengendalikan hama tersebut dengan cara mekanis, maupun kimia sekalipun. Upaya untuk bisa turut berperan positif dalam rangka mengatasi masalah tersebut menjadi salah satu tujuan kami bergerak dalam pertanian organik. Salah satu teknologi pengendalian uret yang kami kembangkan adalah dengan menggunakan agens hayati.

Cara Mudah Aplikasi MOSA Meta (Supermeta)

Cara aplikasi yang dapat dilakukan dengan teknologi ini adalah:
  1. Dicampurkan dalam media pupuk kandang jadi, kompos, dengan memberi kesempatan jamur Metharisium berkembang di media tersebut sekitar 2 minggu sebelum media siap digunakan sebagai pupuk dasar.
  2. Dikocorkan di sekitar perakaran tanaman, pada sore hari.
  3. Disemprotkan pada jalur tanam (guludan) dibawah mulsa untuk menambah jumlah agens hayati di tanah sehingga memperbesar peluang uret bersinggungan langsung dengan spora jamur yang akan menginfeksinya.

Catatan: penyemprotan di ruang terbuka akan efektif jika lahan ditumbuhi dengan vegetasi rendahan (seperti rumputan, dibandingan lahan tanpa vegetasi)
Pengendalian Supermeta Terhadap Kumbang Tanduk
Pengendalian Supermeta Terhadap Kumbang Tanduk

Untuk menambah keyakinan dan gambaran konsumen mengenai efektifitas penggunaan MOSA META (Super Meta ) ini kami sajikan data pengamatan keberhasilan penggunaan. Dengan dokumentasi hasil percobaan diatas, diharapkan akan menjadi kabar gembira bagi petani maupun pemilik perkebunan guna menjaga kuantitas dan kualitas produksi mereka.

Bagaimana, apakah tertarik untuk menggunakan Supermeta sebagai solusi untuk mengatasi hama tanaman Anda khususnya uret alias embug? Silahkan pesan sekarang juga order via online juga bisa. Harga Supermeta sangat terjangkau untuk 1 sachet serbuk ukuran 100 gram bisa digunakan untuk lahan seluas 1000m persegi. Silahkan hubungi agen Supermeta melalui form contact. Bisa juga dengan menghubungi Mas Arik langsung dari Kelud Pedia di nomor ponsel 081 55 33 45 232.
Wilayah Merah Serangan Uret Pulau Jawa
About
Wilayah Merah Serangan Uret Pulau Jawa - Written by Kelud Pedia , Published at 03.55.00, Categorized as Hama Tanaman , Info Pertanian , Pembasmi Hama , Pertanian . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Pro Komunitas
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->