Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Cara Mengatasi Embug Menggunakan Supermeta

by Kelud Pedia , at 05.06.00 , has 0 Comments
Supermeta adalah produk hayati (bukan kimia) yang mampu mengatasi bahkan membasmi serangan hama uret atau embug (Istilah Jawa). Mengandung bahan aktif yaitu Jamur Metarhizium anisopliae.

Meski berbahan aktif jamur namun supermeta aman untuk tanaman bahkan hewan lain selain uret alias embug atau yang sekelas serangga jenis lain. Justru uret yang terkena metarhizium akan terdekomposisi dan menjadi bahan organik yanng baik untuk tanaman.

Hama sasaran Supermeta adalah uret di tanaman holtikultura dan buah-buahan. Mengatasi uret di tanaman keras seperti karet, kakao, sawit, jati, sengon dan lain-lain. Uret pada tanaman tebu serta larva kumbang tanduk pada kebun kelapa sawit. Jenis hama sasaran ini berdasarkan data yang sudah teruji di lapangan alias lahan.
Cara Mengatasi Uret Menggunakan Supermeta
Cara Mengatasi Uret Menggunakan Supermeta

Kelebihan pemanfaatan cendawan entomopatogen dalam pengendalian:
  1. Mempunyai kapasitas reproduksi yang tinggi, siklus hidupnya pendek.
  2. Dapat membentuk spora yang tahan lama di alam walaupun dalam kondisi yang tidak menguntungkan.
  3. Relatif aman
  4. Bersifat selektif
  5. Relatif mudah diproduksi
  6. Sangat kecil kemungkinan terjadi resistensi

Metarhizium anisopliae awalnya dikenal sebagai Entomophthora anisopliae. M. anisopliae digunakan sebagai agen mikroba pengendali hama. Juga dikenal sebagai green muscardine fungus. Tersebar luas di seluruh dunia. Dilaporkan dapat menginfeksi sekitar 200 spesies serangga dan arthropod lainnya. Walaupun M. anisopliae tidak infeksius atau toksik bagi mamalia, spora yang terhisap menyebabkan alergi bagi individu yang sensitif.


Koloni M. anisopliae pada awal pertumbuhannya berwarna putih, kemudian berubah menjadi hijau gelap dengan bertambahnya umur. Miselium bersekat, diameter 1,98-2,97 um, konidiofor tersusun tegak, berlapis, dan bercabang yang dipenuhi dengan konidia. Konidia ber-sel satu berbentuk bulat silinder dengan ukuran 9,94 x 3,96 um. Temperatur optimum untuk pertumbuhan berkisar 22 - 27 derajat celcius.

Konidia akan berkecambah dengan baik dan patogenisitasnya meningkat pada kelembaban udara sangat tinggi di atas 90 derajat. Koloni dapat tumbuh dengan cepat pada media seperti potato dextrose agar (PDA), jagung dan beras. Bersifat saprofit di dalam tanah dengan bertahan pada sisa-sisa tanaman.

Cendawan ini bersifat parasit pada beberapa jenis serangga dari ordo Coleoptera, Lepidoptera, Homoptera, Hemiptera dan Isoptera. M. anisopliae telah terbukti mampu mematikan Plutella xylostella dari ordo Lepidoptera yang menyerang tanaman kubis. M. anisopliae juga mampu mematikan Ostriania furnacalid Guenee pada tanaman jagung.
Uret Terinfeksi Oleh Jamur Metarhizium
Uret Terinfeksi Oleh Jamur Metarhizium

M. anisopliae memiliki aktivitas larvisidal dan menghasilkan cyclopeptida, destruxin A, B, C, D, E dan desmethyldestruxin B. Destruxin telah dipertimbangkan sebagai bahan insektisida generasi baru. Efek destruxin berpengaruh pada organella sel target (mitokondria, retikulum endoplasma dan membran nukleus), menyebabkan paralisa sel dan kelainan fungsi lambung tengah, tubulus malphigi, hemocyt dan jaringan otot.

Supermeta sebagai solusi untuk mengatasi hama tanaman Anda khususnya uret alias embug? Silahkan pesan sekarang juga order via online juga bisa. Harga Supermeta sangat terjangkau untuk 1 sachet serbuk ukuran 100 gram bisa digunakan untuk lahan seluas 1000m persegi. Silahkan hubungi agen Supermeta melalui form contact. Bisa juga dengan menghubungi Mas Arik langsung dari Kelud Pedia di nomor ponsel 081 55 33 45 232.

Penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana cara kerja produk Supermeta mengatasi embug/uret bisa dibaca kelanjutan artikel pada postingan berikutnya dengan judul "Cara Aplikasi Mencegah Uret Menggunakan Supermeta". Pada artikel tersebut akan dijelaskan beberapa tahapan mekanisme infeksi M. anisopliae dalam membasmi hama uret alias embug. Serta akan dijelaskan mengenai cara aplikasi produk Supermeta pada lahan tanaman yang terserang hama embug alias uret.
Cara Mengatasi Embug Menggunakan Supermeta
About
Cara Mengatasi Embug Menggunakan Supermeta - Written by Kelud Pedia , Published at 05.06.00, Categorized as Info Pertanian , Pertanian , Solusi Pertanian . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Pro Komunitas
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->