Mosa Bisnis dan Informasi Pedia

Mosa Meta - Pestisida Organik Sahabat Perkebunan

by Kelud Pedia , at 00.43.00 , has 0 Comments
Mosa Meta - Pestisida Organik Sahabat Perkebunan efektif untuk mengendalikan Larva Kumbang Tanduk alias Oryctes rhinoceros yang menyerang kelapa, kelapa sawit, dan salak.

Juga mengatasi serangan hama Uret atau gayas alias embuk atau Lepidiota stigma yang menyerang tebu, singkong, pepaya, palawija, dan sayuran. Serta membasmi Puthul atau Phyllophaga Hellery pada tanaman padi dan palawija.
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan

Bahan aktif Metarhizium anisopliae menghasilkan cyclopeptida, destruxin A, B, C, D, E dan desmethyl destruxin B.

Efek destruxin berpengaruh pada organela sel target, menyebabkan paralisis sel, kelainan fungsi lambung tengah, tubulus malphigi, hemocyt, dan jaringan otot mulai dari 0 hari, 4 hari, 7 hari hingga 14 hari.

Detail Produk : 081 55 33 45 232
Brosur Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan
Brosur Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan

Keuntungan Menggunakan Mosa Meta adalah dapat berkembangbiak di alam sehingga frekuensi aplikasi dan pembelian produk bisa makin menurun bahkan nantinya bisa nol.

Mosa Meta Tidak berbahaya bagi lingkungan dan manusia. Mosa Meta tidak menimbulkan efek kekebalan pada hama. Tidak berbau atau beraroma, sehingga hama sasaran tidak menyadari adanya bahan aktif metharizium di tanah.

Mekanisme pengendalian serangga melalui empat tahapan :
  • Inokulasi atau kontak konidia pada tubuh serangga
  • Penempelan dan perkecambahan pada integumen serangga, dengan bantuan kelembaban udara.
  • Penetrasi menembus integumen dengan mekanis dan kimiawi yaitu mengeluarkan enzim dan toksin.
  • Destruksi atau perusakan pada titik penetrasi dan menembus haemolimfa, cairan tubuh habis diserap jamur Metarhizium anisopliae, hingga serangga mati dengan tubuh kering.
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Obat Hama Larva Kumbang Gayas Embuk
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Obat Hama Larva Kumbang Gayas Embuk

Mosa Meta adalah agens hayati pengendali hama yang mengandung bahan aktif Metarhizium anisopliae. Bahan aktif tersebut merupakan jamur entomopatogen, yakni jamur yang bersifat patogen pada larva serangga tertentu yang merupakan hama bagi tanaman.

Jamur Metharizium Anisopliae dari strain tertentu dikembangbiakkan dalam isolat murni dan diformulasikan dengan bahan pembawa berupa mineral tertentu agar mudah diaplikasikan pada lahan.
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Jagung
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Jagung

Bahan aktif Mosa Meta mampu menginfeksi bagian tubuh larva dari serangga serangga hama tertentu. Larva hama sasaran (uret alias embug atau gayas) yang mati akibat terkana jamur metarizium (terbungkus spora kehijauan).

Apabila ditemukan di dalam tanah dapat dibiarkan saja, karena akan menjadi pupuk organik yang bagus untuk tanaman. Namun jika tidak diketemukan dan larva atau uret tidak nampak, maka besar kemungkinan telur atau instar muda telah hancur akibat infeksi bahan aktif Mosa Meta.
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Singkong
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Singkong

Aplikasi penggunaan secara umum ada 2 cara

Cara 1 :
Dengan aplikasi pengocoran atau penyemprotan pada lahan. 1 sachet dicampur 100 sd 150 liter air, digunakan untuk mengocor atau menyemprot lahan secara merata seluas ±1.000m². Dilakukan pada sore hari.

Cara 2 :
Dengan aplikasi pencampuran pupuk kandang. 1 sachet dicampur ± 30 kg (1 karung) pupuk kandang, kemudian diperam ± 2 minggu di tempat yang  teduh.

Campuran ini dijadikan sebagai master, untuk dicampurkan lagi pupuk kandang yang lebih banyak, atau dapat langsung diaplikasikan. Ditebar secara merata pada lahan atau lubang tanam seluas ±1.000m². Dilakukan pada sore hari.
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Tebu
Mosa Meta - Pestisida Organik Perkebunan Untuk Tanaman Tebu

Cara Aplikasi untuk pengendalian hama Larva Kumbang Tanduk pada lahan tanaman sawit :
  • Aplikasi dengan dosis 10-30 sachet per hektar (tergantung tingkat serangan)
  • Aplikasi diulang per 3-4 bulan untuk memutus siklus uret dan mengantisipasi migrasi kumbang yang akan bertelur dari tempat lain.

Sasaran aplikasi di seluruh permukaan tanah dan seresah (bahan organik) yang ada di bawah tajuk tanaman sawit dewasa (dibawah gawangan mati ataupun tumpukan janjang kosong) atau seluruh tanah dan rumputan untuk sawit TBM.


Metode aplikasi bisa dengan 3 cara :
  • Dengan cara disemprotkan. 1 sachet untuk 2 tanki (14 liter) atau 3 sendok makan per tanki (50 gram).
  • Dengan cara dikocorkan, dosis 2 sampai 3 sachet per 200 liter air.
  • Dengan cara ditabur. Mosa Meta dicampurkan pupuk organik saat pembuatan media tanam untuk polibag atau baby bag. Dosis campuran, 1 sachet untuk ±30 kg pupuk kandang sebagai media indukan.

Note:
Aplikasi sebaiknya dilakukan pada sa'at sore hari, atau bisa juga malam hari untuk menghindari sinar Ultra Violet secara langsung.

Demikianlah ulasan artikel mengenai Mosa Meta - Pestisida Organik Sahabat Perkebunan. Ulasan ditulis dengan sedikit suntingan dan bertujuan untuk lebih mudah dipahami. Semoga tulisan ini bisa bermanfa'at bagi Anda para petani yang ingin serius dalam usaha pertanian dan perkebunan.

Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel gratis via email. Caranya adalah dengan menuliskan e-mail aktif Anda pada kotak kolom yang telah tersedia. Dengan langganan subscribe, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email setiap kali ada artikel baru yang terbit di blog Kelud Pedia ini. Terima kasih telah membaca, Salam Sukses Petani Indonesia.
Mosa Meta - Pestisida Organik Sahabat Perkebunan
About
Mosa Meta - Pestisida Organik Sahabat Perkebunan - Written by Kelud Pedia , Published at 00.43.00, Categorized as Mosa Meta , Perkebunan , Pertanian , Pestisida Organik , Promo , Sahabat Perkebunan . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Mosa Pedia
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->