Mosa Bisnis dan Informasi Pedia

Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik

by Kelud Pedia , at 11.26.00 , has 0 Comments
Mosa Glio merupakan bio pestisida ramah lingkungan untuk mengendalikan penyakit tular tanah seperti Fusarium sp., Phythium sp. Phytophtora sp., Rizoctonia sp., Botrytis sp., dan Sclerotonia sp dll.

Mosa Glio berbahan aktif Gliocladium sp & Thrichoderma sp. Bekerja ganda mampu mengendalikan dan mengatasi jamur patogen tular tanah (soil borne). Dapat diaplikasikan dengan pupuk kandang atau kompos sebagai media tanam.
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik

Bahan aktif Gliocladium sp menyerang jamur patogen melalui 3 mekanisme : Parasitisme, Kompetisi, Antagonistik. Gliocladium sp memproduksi gliovirin dan
viridin yang bersifat fungistatik.

Sedangkan bahan aktif Trichoderma sp mampu menghasilkan sejumlah enzim ekstraseluler beta (1,3) glukonase dan kitinase yang dapat melarutkan dinding sel patogen.

Selain menghasilkan enzim, Trichoderma sp juga menghasilkan toksin yang dapat menyerang dan menghancurkan propagul yang berisi spora-spora patogen di sekitarnya, juga berfungsi sebagai penghasil antibiotik gliotoksin dan viridin yang dapat melindungi bibit tanaman dari berbagai serangan patogen.
Brosur Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik
Brosur Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik

Mosa Glio (Super Glio) Efektif mengendalikan :
  • Cabe, tomat, kentang, terong : Rebah semai (Phytium sp ,Rhizoctonia sp), Layu (Fusarium sp)
  • Bawang merah, bawang putih : Ngoser (Fusarium sp), Trotol (Alternaria sp)
  • Kubis, Sawi, Selada : Akar gada (Plasmodiophora sp)
  • Jahe : Layu (Fusarium sp)
  • Lada : Penyakit kuning (Fusarium sp), Busuk pangkal batang lada (Phytophthora c apsici sp).
  • Panili : Busuk batang (Fusarium sp).
  • Sawit, karet, kakao, kopi : Ganoderma, Jamur akar putih
  • Tembakau: Rebah semai (Phytium sp, Rhizoctonia sp)
  • Pisang : Layu (Fusarium sp)
  • Semangka, melon : Layu (Fusarium sp), Antraknosa (Colletotrichum sp, Gloeosporium sp)

Detail Produk : 081 55 33 45 232
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik Untuk Tanaman Cabai
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik Untuk Tanaman Cabai

Keunggulan Mosa Glio sebagai pengendali jamur patogen adalah :
  • Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.bersifat dinamis sehingga dapat bereaksi sesuai dengan habitatnya.
  • Sebagai saprofit yang cepat tumbuh keberadaan Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu berkompetisi dengan mikroorganisme lain.
  • Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.mampu menyerang pathogen yang sebelumnya menguasai suatu habitat.

Trichoderma sp. dan Gliocladium sp. bersifat saprofit dan mampu berfungsi sebagai pengendali patogen. Mekanisme antagonis Trichoderma sp. dan Gliocladium sp . terhadap jamur pathogen tular tanah.
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik Untuk Tanaman Lada
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik Untuk Tanaman Lada

Mosa Glio memiliki 3 cara kerja :

Parasitisme

Trichoderma sp. dan Gliocladium sp. memanfaatkan secara langsung fungi inangnya sebagai nutrisi dengan bantuan enzim litik, yaitu enzim kitinolitik, selulolitik, glukanolitik. Endo kitinase merupakan enzim kitinase yang mempunyai aktifitas lisis dan antifungi paling kuat.

Enzim ekstra seluler Beta (1,3) Glukonase mampu melisiskan dinding hifa baik jaringan muda maupun tua, dan menyebabkan terbentuknya struktur hifa abnormal. Lisisnya dinding sel hifa inang seperti Ganoderma philippii ditandai dengan keluarnya protoplasma dari sel. Beta (1,3) Glukonase merupakan protein Phatogenesis Related (PR) yang mempunyai kemampuan anti pathogen.

Antibiosis

Yaitu kemampuan agens antagonis untuk memproduksi metabolit atau racun penghambat inangnya. Beberapa senyawa antibiotika yang dihasilkan yaitu : Glioviridin, Trichoviridin, Trichodermin, dan Sesquiterpenoid.

Kompetisi

Trichoderma sp. dan Gliocladium sp. melakukan kompetisi tempat tumbuh dan nutrisi. Pertumbuhan jamur antagonis dapat menekan pertumbuhan fungi pathogen karena tempat tumbuh dan nutrisi dikuasai oleh jamu antagonis Trichoderma sp. dan Gliocladium sp.


Cara Aplikasi Mosa Glio

Mosa Glio 100 gr dicampur merata dengan ±25 kg pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang. Saat pencampuran perlu di tambah dengan air hingga kondisinya cukup basah tetapi kalu digenggam tidak mengeluarkan tetesan air.

Campuran Mosa Glio diletakkan pada karung, dibiarkan 1 minggu dan dijaga agar tidak terkena air hujan maupun sinar matahari langsung.

Setelah 1 minggu campuran Mosa Glio dengan kompos bisa digunakan untuk :
  • Campuran media semai pembibitan dengan perbandingan kompos dan tanah 1 : 1.
  • Diberikan pada lubang tanam sebelum menanam bibit yang telah disemaikan.
  • Dosis untuk lahan seluas 1000 m2 dibutuhkan Mosa Glio sebanyak 100-200 gram.

Untuk pengendalian penyakit secara menyeluruh serta untuk pengobatan, agens hayati Mosa Glio ini dapat dipadukan dengan BIO-SPF.

Demikianlah ulasan artikel mengenai Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik. Ulasan ditulis dengan sedikit suntingan dan bertujuan untuk lebih mudah dipahami. Semoga tulisan ini bisa bermanfa'at bagi Anda para petani yang ingin serius dalam usaha pertanian dan perkebunan.

Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel gratis via email. Caranya adalah dengan menuliskan e-mail aktif Anda pada kotak kolom yang telah tersedia. Dengan langganan subscribe, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email setiap kali ada artikel baru yang terbit di blog Kelud Pedia ini. Terima kasih telah membaca, Salam Sukses Petani Indonesia.
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik
About
Mosa Glio - Fungisida Terbaik Tanaman Organik - Written by Kelud Pedia , Published at 11.26.00, Categorized as Fungisida Terbaik , Mosa Glio , Perkebunan , Pertanian , Promo , Tanaman Organik . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Mosa Pedia
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->