Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Puncak Kawah Gunung Kelud Setelah Meletus

by Arik Baik , at 04.03.00 , has 0 Comments
Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Terletak kira-kira 27 km sebelah timur dari pusat Kota Kediri.

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014. Letusan Gunung Kelud pada tahun 2014 ini bertepatan dengan peringatan hari valentine yaitu tanggal 14 Februari.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai kondisi Gunung Kelud setelah meletus yang dikunjungi pada tahun 2016. Mewakili Komunitas BLK (Bocah Lereng Kelud) Admin Komunitas Unik, Arik Suefendi berusaha mengunjungi Gunung Kelud bersama rekan Sugeng Wirahadi. Kunjungan dilangsungkan pada hari Selasa, 27 September 2016. Simak ulasan serta foto kunjungan ke Gunung Kelud berikut ini.
Mas Arik di Puncak Kelud
Mas Arik di Puncak Kelud

Sekedar informasi bahwa menurut warga sekitar (pemilik warung di sekitar Kelud), pintu masuk menuju kawah kemungkinan akan dibuka tahun 2017 (setelah proyek perbaikan selesai). Jadi jika Anda berkunjung ke lokasi wisata Gunung Kelud maka Anda belum bisa menjangkau area sekitar kawah.

Bahkan terowongan yang dahulu bisa dilalui pengunjung juga belum boleh diakses. Kabar baiknya adalah terowongan ini sudah berhasil ditemukan setelah sempat tertimbun lahar magma dari letusan kawah Gunung Kelud. Pengerjaan proyek dan perbaikan terus dilakukan termasuk fasilitas area parkir di dekat kawah.
Galeri Dokumentasi Gunung Kelud
Galeri Dokumentasi Gunung Kelud

Kios Warung Gung Kelud
Kios Warung Gung Kelud

Bukan hanya terowongan menuju kawah, area parkir dan kios-kios warung yang dulu terhampar luas di balik kawah juga rata dengan magma letusan Kelud tahun 2014. Demikian pula mushola serta fasilitas lain seperti tangga menuju pemandian air panas di sisi barat daya kawah bagian bawah. Termasuk gardu pandang yang dulu berada di atas bukit sebelah barat atas kawah.








Pertama melewati pintu masuk wisata Gunung Kelud Anda akan dikenai biaya masuk lokasi wisata sebesar 8.000 untuk 1 orang dewasa. Kemudian ada tambahan 1.000 parkir kendaraan dan 2.000 tanda kendaraan masuk area wisata. Ini jika Anda berkunjung ke Gunung Kelud menggunakan sepeda motor.

Meskipun akses masuk ke kawah belum dibuka, keindahan alam sekitar puncak Kelud cukup menarik. Setiap pengunjung bebas berfoto ria di area ini. Terdapat pula jasa fotografer yang siap melayani pengunjung sekalian cetak foto langsung jadi dengan biaya terjangkau. Hampir semua jasa foto akan melayani Anda dengan sangat ramah :) Berikut video tentang Gunung Kelud baik sebelum dan sesudah meletus tahun 2014.

Gunung Kelud Sebelum Meletus (Video)


Gunung Kelud Setelah Meletus (Video GGG)


Demikianlah sedikit ulasan mengenai wisata puncak dan kawah Gunung Kelud setelah meletus di tahun 2014 pada kunjungan tahun 2016. Berminat untuk mengunjungi Gunung Kelud? Pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk berangkat mengunjungi wisata Gunung Kelud. Sekian terima kasih telah menyimak dan menyempatkan untuk membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Puncak Kawah Gunung Kelud Setelah Meletus
About
Puncak Kawah Gunung Kelud Setelah Meletus - Written by Arik Baik , Published at 04.03.00, Categorized as Info Internet , Info Remaja , Info Wisata , Informasi Unik , Wisata . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Pro Komunitas
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->