Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Petunjuk Jalur Pantai Jebring Blitar Jatim

by Arik Baik , at 13.22.00 , has 0 Comments
Pantai Jebring berada di kawasan Dusun Banyuurip Desa Ngadipuro. Merupakan wilayah Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jebring belum termasuk obyek wisata di daerah Blitar karena belum tersedia fasilitas yang memadai bagi para pengunjungnya.

Jalur akses menuju pantai ini terbuka karena aktivitas pertambangan pasir item (hitam) atau pasir besi beberapa tahun yang lalu. Namun jika kini Anda mengunjungi Pantai Jebring maka aktivitas penambangan sudah tidak ditemukan lagi. Sampai pada detik ulasan ini dipublikasikan, akses menuju Pantai Jebring belum dikenakan tarif tiket masuk wisata.

Pantai ini masih sepi pengunjung karena belum banyak yang tau tentang keberadaan pantai ini. Pantai ini terletak di sederetan pantai lain di sekitarnya mulai dari Pantai Banteng Mati, Pantai Jebring, Pantai Wediitem, Pantai Keben dan Pantai Pudak (dari barat ke timur). Kini lokasi pantai ini bisa ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan roda 2 (disarankan). Bisa juga dengan kendaraan roda 4 yang relatif tinggi dengan kemudi yang cukup ahli dikarenakan beberapa jalan yang masih berbatu.
Pantai Jebring Blitar Tahun 2012

Kini area lahan sebelum memasuki kawasan Pantai Jebring telah tumbuh tanaman cemara di sekitar kanan kiri akses menuju pantai. Ketika kunjungan pada tanggal 02 Oktober 2016, ratusan pohon cemara tersebut masih tumbuh sekitar kurang dari 5 meter.

Anda bisa berfoto ria di sepanjang jalur akses masuk wisata ini dengan background nan hijau segar yang menambah kesan alami dari Pantai Jebring. Terdapat juga beberapa goa karang yang terbentuk dari kikisan ombak pasang air laut di sebelah timur Pantai Jebring. Pemandangan ini nan elok di bawah tebing karang yang terhampar di sisi kiri pantai.

Terdapat keunikan lagi yang bisa dijumpai di sekitar area Pantai Jebring yaitu keberadaan muara sungai air tawar di ujung barat laut pantai. Kemudian bergeser ke timur ada tebing raksasa yang menjulang dengan kokoh. Jika Anda mengambil foto narsis di dekat tebing itu kemungkinan frame tidak muat.
Muara Sungai Pantai Jebring
Muara Sungai Pantai Jebring - Foto by: travellersblitar.com

Namun akan berbeda hasil foto ketika sedang berjalan ke timur sambil menuju watu payung. Nah watu payung inilah yang menjadi ikon khas pantai Jebring. Terlampir foto di sekitar lokasi watu payung dekat Pantai Jebring yang berhasil diabadikan oleh tim TravellersBlitar.com (atas) dan KomunitasUnik.com (bawah).
Sungai Air Tawar Pantai Jebring

Untuk galeri foto di berbagai sudut pantai sementara belum bisa dimuat di halaman ini. Dikarenakan file foto yang tidak mungkin diupload semuanya. Anda bisa melihat foto galeri kunjungan ke pantai Jebring di Group BLK (Bocah Lereng Kelud) yang ada di facebook. Namun berikut terlampir video cuplikan Pantai Jebring ketika kunjungan tanggal 02 Oktober 2016.

Galeri Video Pantai Jebring Blitar

Petunjuk Jalur Pantai Jebring

Perlu diketahui jika Anda hendak berkunjung ke Pantai Jebring Blitar. Jangan serta merta mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google Maps. Petunjuk dari Google memang membantu tetapi belum tentu efektif tepat sasaran tujuan tanpa bertanya kepada warga. Alih-alih mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Maps justru tidak menutup kemungkinan Anda dialihkan 3-5 km lebih jauh dari jalur semestinya.

Contohnya adalah petunjuk jalur ke Pantai Jebring berikut ini yang justru mengarah ke arah barat daya dari jalur yang seharusnya. Kita tau, siapapun bisa menaruh peta lokasi tempat, usaha, kantor dan lain-lain ke Google Maps. Oleh sebab itulah pelaku yang memasang pin lokasi di beberapa kasus belum sesuai dengan titik peta yang sebenarnya. Malu bertanya sesat di jalan mungkin masih berlaku meski di zaman modern seperti sekarang ini ;)

Maps Site Pantai Jebring Blitar

Berikut adalah beberapa catatan yang perlu Anda pahami agar tidak salah jalur ketika menuju wisata pantai Jebring di Blitar, Jawa Timur. Dari Jalur utama perempatan Kanigoro lurus saja ke arah selatan menuju Kecamatan Sutojayan atau arah Lodoyo. Sesampai di perempatan Lodoyo terus lurus lagi ke selatan naik ke arah Desa Ngeni. Jangan belok kiri (arah pantai Serang) maupun kanan (arah pantai Tambak).
Perempatan Lodoyo Sutojayan

Silahkan ikuti jalur utama menaiki tikungan menanjak menuju Desa Ngeni sampai menembus hutan jati hingga tiba di Per-3-an Pasar Ngeni. Nah pada titik inilah jika Anda mengikuti petunjuk jalur yang diberikan oleh Google Maps maka Anda akan dibelokkan ke kanan. Padahal jalur yang sebenarnya adalah lurus ke selatan yang merupakan jalur menuju Pantai  Pudak, Pantai Keben dan Pantai Jebring.
Pertigaan Pasar Ngeni Blitar

Jika sudah memutuskan untuk lurus sejak pertigaan Pasar Ngeni maka jalur yang Anda telusuri sudah sesuai. Jika sudah melewati Desa Ngeni maka Anda memasuki kawasan Desa Ngadipuro. Silahkan ikuti jalur lagi arah Dusun Banyuurip menuju pantai Jebring. Terdapat juga pertigaan penentu arah antara kiri (Pantai Serang) dan kanan (Pantai Jebring). Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar mengenai jalur arah Pantai Jebring.

Jika sudah mengikuti jalur yang benar maka Anda akan memasuki area perkebunan tebu sebelum dekat lokasi Pantai Jebring. Sesudahnya lagi Anda akan disambut dengan pepohonan cemara nan hijau dan segar yang baru tumbuh kurang dari 5 meter (ketika tulisan ini dipublikasikan 02 Oktober 2016). Dan selamat memasuki kawasan Pantai Jebring, Blitar - Jawa Timur.

Demikianlah ulasan tentang kawasan wisata Pantai Jebring di Blitar. Jangan lupa kunjungi juga muara sungai air tawar di ujung barat laut pesisir pantai ini. Serta barisan Goa yang ada di sisi timur laut Pantai Jebring. Terima kasih sudah mampir di blog Komunitas Unik dan membaca ulasan ini. Selamat berlibur bersama orang terkasih, salam berbagi dan salam cinta.
Petunjuk Jalur Pantai Jebring Blitar Jatim
About
Petunjuk Jalur Pantai Jebring Blitar Jatim - Written by Arik Baik , Published at 13.22.00, Categorized as Info Remaja , Info Wisata , Informasi Unik , Wisata . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia

Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.

Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.