Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Cara Membuat Sambel Pecel Khas Blitar

by Arik Baik , at 16.56.00 , has 0 Comments
Di Blitar, Jawa Timur banyak sekali dijumpai warung makan dengan nuansa khas menu sego pecel. Jadi menu ini terdiri dari nasi, sayur mayur dan sambel pecel asli khas Blitar. Biasanya untuk melengkapi menu ini tersedia beragam jenis kerupuk yang menyempurnakan cita rasa menu makanan khas Blitar.

Selain di Jawa Timur, pecel juga banyak dijumpai di pulau jawa yang lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Makanan ini sudah sangat melegenda dan banyak disukai semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak. Menikmati pecel paling nikmat ketika siang hari dikondisi cuaca yang panas terlebih jika kuah pecel atau sambal pecelnya memiliki rasa yang nikmat tentu akan menggugah selera kita.

Bahan dasar pecel terbuat dari bahan utama kacang tanah yang diulek dengan bahan bumbu lainnya. Bumbu pecel ini jika kita simpan dalam lemari pendingin maka dapat bertahan selama berminggu-minggu bahkan hingga 1 bulan. Anda tinggal mencari bahan pecelnya saja ketika Anda ingin membuat pecel. Sedangkan untuk penyajiannya biasanya menu sego pecel terdiri dari nasi dan sayur-sayuran seperti bayam, daun sawi, daun pepaya, daun singkong dan lain-lain.
Sampel Pecel Blitar
Sampel Pecel Blitar

Cara Membuat Sambel Pecel Khas Blitar

Bagaimana Cara Membuat Sambel Pecel Khas Blitar yang nikmat dan lezat? Kita bisa membuat sambel pecel khas dari Blitar ini untuk konsumsi sendiri maupun bisnis (untuk dijual). Pertama-tama Anda siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti pada penjelasan berikut ini.

Bahan Membuat Sambel Pecel Khas Blitar
  • Garam 3 sdm
  • Kencur 6 buah
  • Gula merah ½ kg
  • Bawang putih 7 siung
  • Air asam jawa 5 sdm
  • Cabe rawit merah 10 butir
  • Cabe merah keriting 150 gr
  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kg
  • Minyak 100 ml liter (untuk menumis bumbu)

Panduan Membuat Sambel Pecel Khas Blitar
  1. Goreng dan tumbuk kacang tanah hingga halus menggunakan ulekan atau blender.
  2. Tambahkan gula merah kemudian ulek lagi hingga halus dan tercampur secara merata.
  3. Panaskan minyak untuk menumis bumbu, goreng cabe, kencur, bawang putih dan daun jeruk.
  4. Jika sudah angkat kemudian haluskan sampai benar-benar halus dan buanglah serat daun jeruk.
  5. Tambahkan sedikit garam dan air asam jawa pada bumbu yang telah dihaluskan, masukkan kedalam wadah.
  6. Campurkan kacang tanah ke dalam adonan bumbu tadi, lalu aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.
  7. Untuk mengaduk dan mencampur semua bahan Anda bisa menggunakan tangan yang dibungkus dengan plastik bersih.

Sampai pada tahap ini sambel pecel khas Blitar sudah selesai dibuat. Silahkan cicipi sambel pecel buatan Anda, jika rasa yang dihasilkan belum sesuai selera maka bisa menambahkan bumbu yang masih kurang. Jika sudah, tempatkan dalam wadah tertutup atau plastik kemasan kemudian simpan ke dalam lemari pendingin.
Sambel Pecel Khas Blitar
Sambel Pecel Khas Blitar

Untuk menghidangkan sambel pecel khas Blitar, Anda bisa mencampur adonan sambel pecel yang sudah jadi dengan air secukupnya. Sesuaikan tingkat keenceran sambel sesuai dengan selera Anda, usahakan tidak terlalu encer agar sambel pecel terkesan lebih lezat dan menggugah selera. Sesudah itu hidangkan bersama nasi, sayur mayur dan krupuk maka menu sego pecel siap menggugah selera, huh hah huh hah :)

Demikianlah ulasan dan tutorial panduan bagaiamana cara membuat sambel pecel khas Blitar yang nikmat dan lezat. Selamat mencoba sesuai dengan petunjuk panduan yang sudah diberikan. Jika Anda ingin membeli produk sambel pecel asli khas Blitar silahkan hubungi admin melalui form contact. Terima kasih telah membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Cara Membuat Sambel Pecel Khas Blitar
About
Cara Membuat Sambel Pecel Khas Blitar - Written by Arik Baik , Published at 16.56.00, Categorized as Informasi Unik , Makanan , Panduan Bisnis , Peluang Bisnis , Resep , Ulasan . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Pro Komunitas
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->