Komunitas Bisnis dan Informasi Pedia

Info Lengkap Kampung Coklat Blitar - Wisata Edukasi

by Arik Baik , at 20.41.00 , has 0 Comments
Info lengkap Kampung Coklat di Blitar bisa Anda simak dalam ulasan artikel tentang wisata edukasi berikut ini. Sudahkah Anda mendengar informasi tentang populernya wisata edukasi yang ada di Kabupaten Blitar ini? Jika belum, maka Anda sudah tepat jika sampai pada halaman yang sedang Anda simak kali ini.

Kampung Coklat merupakan tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga dimana pengunjung akan bersantai di tengah kebun coklat dengan menu makanan dan minuman serba coklat. Coklat menjadi makanan dan minuman primadona di segala kalangan usia. Selain anak-anak dan remaja, coklat juga menjadi favorit bagi golongan tua karena selain nikmat rasa juga mengandung manfaat untuk kesehatan.

Kampung Coklat Blitar terletak di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Dari arah Kota Blitar ke selatan, setelah melewati jembatan kademangan akan ada pertigaan dengan petunjuk menuju ke lokasi. Hanya sekitar 3,5 kilometer pengunjung akan sampai di lokasi. Berikut ini adalah profil dan sejarah serta fasilitas yang ada di lokasi tempat wisata edukasi Kampung Coklat Blitar.
Logo Kampung Coklat Blitar
Logo Kampung Coklat Blitar

Profil Kampung Coklat Blitar
  • Lembaga: KSU Guyub Santoso, CV Guyub Santoso dan UD Guyub Santoso
  • Alamat: Jl. Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo – Kecamatan Kademangan – Kab. Blitar
  • Berdiri: 1 Januari 2005 (Gapoktan Guyup Santoso) - 17 Agustus 2014 (Kampung Coklat)
  • Prinsip: Sukses Petani, Sukses Gapoktan, Masyarakat Sejahtera
  • Jaringan: 48 Kelompok Tani Kakao (se-Kab. Blitar) – Gapoktan Kakao Se-Jawa Timur
  • Kultur: Kampung Coklat adalah wisata edukatif yang mengedepankan kemanfaatan pada masyarakat sekitar

Sejarah Kampung Coklat Blitar
Flu Burung - Berawal saat peternakan ayam petelur milik Bapak Kholid Mustofa (Pimpinan Kampung Coklat) mengalami kerugian besar akibat terjangkit virus Flu Burung pada tahun 2004.

Inspirasi Kebun Kakao - Kebun seluas 750m2 milik keluarga yang sudah ditanami Kakao sejak tahun 2000 menjadi inspirasi awal. Ketiadaan pekerjaan dan tuntutan ekonomi mengantar Bapak Kholid Mustofa lebih fokus di kebun kakau tersebut.
Kebun Kampung Coklat Blitar
Kebun Kampung Coklat Blitar

Kakao Rp. 9.000,-/kg. HAsil panen Kakao pertama dijual ke Sumberpucung dengan harga Rp. 9.000,- / KG. Harga tersebut menjadi motivasi, beliau berfikir; “Yang tidak dirawat saja bisa laku segitu apalagi jika dirawat”, Akhirnya beliau memutuskan untuk mendalami budidaya kakao dengan magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember.

Gapoktan Guyub Santoso - Setelah mengikuti magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember, akhirnya beliau menekuni budidaya kakao dengan mengajak beberapa rekan yang kemudian membentuk Gapoktan Guyub Santoso.
Biji Kampung Coklat Blitar
Biji Kampung Coklat Blitar

Gapoktan Guyub Santoso berdiri sejak 1 Januari 2005. Pada perkembangannya Gapoktan Guyub Santoso membentuk badan hukum UD, CV dan KSU yang kesemuanya bernama Guyub Santoso dan bergerak di bidang pemasaran biji Kakao baik di pasar regional, nasional maupun ekspor.

Ulasan Edukasi Wisata Kampung Coklat Blitar
Setelah memarkir kendaraan yang ada di sekitar lokasi, pengunjung bisa masuk ke lokasi wisata. Memasuki lokasi wisata, aroma coklat sudah menusuk hidung. Pengunjung akan melewati gudang coklat lebih dulu sebelum tiba di loket pembelian tiket masuk.
Gerbang Kampung Coklat Blitar
Gerbang Kampung Coklat Blitar

Di sekitar loket masuk Kampung Coklat Blitar pengunjung bisa melihat biji-biji kakao yang dijemur untuk diolah kemudian. Tiket masuk Rp 5.000 (2015) dan pengunjung akan masuk ke sebuah kebun yang sudah disulap menjadi tempat yang nyaman dan santai untuk nongkrong maupun menghabiskan waktu senggang. Ada ruangan produksi coklat di sebelah kanan yang tidak boleh dimasuki pengunjung dan hanya dibatasi dinding kaca, tentu saja pengunjung hanya bisa melihat dari balik dinding kaca saja.

Di Kampung Coklat Blitar terdapat berbagai kios mini yang menjual berbagai makanan dan minuman seperti es coklat, coklat panas, nasi coklat, mie coklat, es krim dan makanan lainnya yang dijual Rp 5.000 - Rp 10.000. Ada juga makanan yang dijual prasmanan untuk pengunjung yang tidak sedekar ingin cemilan saja. Selain itu, ada terapi ikan dengan tarif Rp. 5.000. Semua bisa dinikmati di bawah pohon kakao yang rindang, membuat suasana menjadi semakin mengasyikkan. Ada fasilitas mushola bagi yang akan menunaikan ibadah sholat.
Kios Mini Kampung Coklat Blitar
Kios Mini Kampung Coklat Blitar

Di sebelah tempat bersantai, pengunjung bisa melihat kebuh bibit coklat dimana pohon coklat-coklat yang masih kecil ini disemai dan sudah muncul batangnya. Untuk edukasi, Kampung Coklat Blitar menyediakan berbagai macam paket wisata edukasi dengan tarif Rp. 15.000 - Rp. 50.000 dimana pengunjung bisa panen biji kakao, pengolahan biji kakao, diskusi dengan pakar bubidaya dan sebagainya. Untuk pembelian tiket edukasi bisa dilakukan di lokasi pembelian tiket masuk.

Produk Paket Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar
Selain fasilitas yang sudah disinggung di atas, terdapat berbagai jenis produk jadi hasil olahan biji coklat yang tersedia di Kampung Coklat. Produk bisa juga dipesan secara online dengan menggunakan jasa pengiriman produk ke lokasi tempat tinggal Anda. Selengkapnya bisa Anda pelajari di website resmi dari Kampung Coklat Blitar di www.kampungcoklat.com.
Cover Kampung Coklat Blitar
Cover Kampung Coklat Blitar

Demikian pula dengan paket wisata edukasi di Kampung Coklat Blitar juga tersedia beragam jenis paket wisata(edukasi) yang juga bisa Anda baca pada website tersebut. Masih tersedia lagi fasilitas tempat sewa untuk berbagai jenis kegiatan/acara di Kampung Coklat Blitar ini. Silahkan baca info selengkapnya pada menu "Sewa Tempat" di website resmi Kampung Coklat Blitar.

Peta Lokasi Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar - Jawa Timur


Itulah informasi lengkap yang dapat kami tuangkan terkait dengan wisata edukasi Kampung Coklat yang ada di Blitar, Jawa Timur. Semoga dapat bermanfa'at dan bisa menjadi sumber referensi untuk Anda yang hendak berkunjung ke Kampung Coklat, Blitar. Terima kasih telah membaca, salam berbagi dan salam cinta. Enjoy your life.

Incoming search: kampung coklat blitar, kampung coklat dari stasiun, kampung coklat blitar buka jam berapa, kampung coklat adalah, alamat kampung coklat di blitar, kampung coklat gus ant plosorejo kademangan blitar, kampung coklat di jawa timur, foto kampung coklat blitar, fasilitas kampung coklat blitar, kampung coklat gusant, harga kampung coklat blitar, harga tiket kampung coklat, lokasi kampung coklat blitar, kampung coklat blitar map, menu kampung coklat blitar, rute kampung coklat blitar, video kampung coklat blitar, website kampung coklat, kampung coklat 2016, kampung coklat youtube.
Info Lengkap Kampung Coklat Blitar - Wisata Edukasi
About
Info Lengkap Kampung Coklat Blitar - Wisata Edukasi - Written by Arik Baik , Published at 20.41.00, Categorized as Edukasi , Info Internet , Info Remaja , Info Sekolah , Info Wisata , Informasi Unik , Wisata . And has 0 Comments
0 Comments Add a comment
Bck
Cancel Reply

Subscribe Us

Kelud Pedia


Tulisan bebas tentang bisnis online, wisata, kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.


Menerima jasa pembuatan blog siap pakai untuk web profil, jualan online, blog minisite, web profesional dan lead magnet.


Melayani konsultasi online tentang blog, toko online, komputer, aplikasi dan software untuk bisnis internet online.

Peta Lokasi Mosa Pedia


Copyright ©2014 - 2020 Pro Komunitas
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->